Kamis, 28 Mei 2009

Pameran Unpad di Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta

[Unpad.ac.id, 21/02] Sebagai salah satu universitas negeri terbesar di Indonesia, Unpad ikut ambil bagian dalam Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta (PPTJ) 2009 di Istora Senayan Jakarta, mulai 17-19 Februari 2009. Acara tersebut merupakan acara tahunan demi mengakomodasi kebutuhan informasi pendidikan tinggi bagi murid SMA, khususnya siswa kelas 3 SMA.

Kesempatan ini tidak disia-siakan, baik bagi peserta maupun siswa SMA. Hal ini terlihat dari jumlah peserta pameran yang mencapai sekira 200-an perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Selain itu, pengunjung juga tampak membludak. Di stand Unpad sendiri, guru dan siswa SMA yang berkunjung pada hari pertama mencapai lebih dari 500 orang.

Berbagai macam pertanyaan dan informasi mereka ajukan di stand Unpad. Pada umumnya bertanya sekitar jalur penerimaan mahasiswa baru dan jenjang pendidikan di Unpad.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Unpad menerima mahasiswa baru Unpad dari dua jalur masuk, yaitu SNMPTN dan SMUP. SNMPTN adalah jalur masuk Unpad yang seleksinya dilakukan secara nasional, sedangkan SMUP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya diadakan secara mandiri oleh Unpad. Kedua jalur tersebut memiliki karakteristik dan prosedur masing-masing. ”Setiap tahun kami mengikuti pameran pendidikan. Seperti di PPTJ ini, selama dua kali penyelenggaraannya, kami sudah berpartisipasi,” tutur Eriyanto, staf Humas Unpad.

Koordinator Humas Unpad, Weny Widyowati menambahkan bahwa keikutsertaan Unpad dalam PPTJ 2009 diutamakan sebagai ajang layanan informasi pada masyarakat yang membutuhkan, dalam memilih program studi yang sesuai minat, bukan sekadar promosi institusi.

Sebagai universitas yang sedang dalam proses menjadi universitas kelas dunia, Unpad memperkenalkan berbagai macam keunggulan dan prestasi yang dimiliki. Unpad kini melengkapi berbagai fasilitas penunjang pendidikan. Selain itu, kualitas juga menjadi elemen penting demi menjaga mutu pendidikan dan lulusannya.

PPTJ 2009 juga dimeriahkan dengan pentas seni dari siswa SMA se-Jabodetabek.

Minat Masuk Unpad
Hari kedua penyelenggaraan PPTJ 2009, Unpad tetap dibanjiri pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan semakin menipisnya brosur yang tersedia. Bahkan brosur beberapa fakultas, jumlahnya sudah lebih sedikit daripada brosur fakultas lainnya. “Beberapa brosur fakultas tertentu memang sedikit berkurang daripada brosur fakultas yang lain. Sebenarnya kami sudah mengatur sirkulasi keluarnya brosur, tapi karena memang minat siswa yang berbeda-beda dan kebetulan ada beberapa fakultas yang mereka favoritkan, maka brosurnya banyak diburu,” tutur Anggit, Staf Humas Unpad, Rabu (18/02).

”Dari dulu saya memang ingin masuk Unpad, kayaknya keren gitu.Padahal keluarga saya kebanyakan di universitas yang lain”, ungkap Farhana, siswi SMAN 4 Depok, Rabu (18/02). Dirinya mengaku sudah jatuh cinta dengan Unpad sejak lama. Ia memang sengaja mengunjungi stand Unpad untuk mencari informasi tentang program studi Farmasi Unpad.

Di sisi lain, beberapa fakultas baru di Unpad mulai dicari calon mahasiswa, salah satunya ialah Fakultas Teknik Geologi (FTG). Sejak 1959, jurusan Geologi di Unpad masih menjadi salah satu jurusan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Namun sejak 2007, jurusan Geologi berubah menjadi Fakultas Teknik Geologi (FTG). Meskipun terhitung baru sebagai fakultas, namun FTG Unpad telah banyak berkiprah dan berprestasi. Kualitas FTG pun tak bisa dipandang sebelah mata. Baru-baru ini, FTG Unpad menjalin kerjasama dengan Roxar, salah satu perusahaan konsultan pertambangan terbaik di dunia yang berbasis di Norwegia.

“Aku memang lagi cari Teknik Geologi. Dari dulu, aku memang berminat belajar tentang Geologi. Alhamdulillah kebetulan di Unpad ada. Sudah jadi fakultas tersendiri lagi,” pungkas Fina, siswi SMAN 24 Jakarta. Hal yang sama juga dialami Fakultas Farmasi. Fakultas yang berdiri sejak Oktober 2006 tersebut cukup diburu siswa-siswi SMA yang mengunjungi stand Unpad. Fenomena ini memperlihatkan pergeseran minat calon mahasiswa, namun bukan berarti fakultas lain tidak dilirik siswa SMA. (eh)*

Laporan oleh: Anton Sumantri

sumber: http://www.unpad.ac.id/berita/pameranunpad-di-pekan-pendidikan-ting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar